Korelasi Penguasaan Pengetahuan Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Narasi (Cerita Imajinasi) dengan Kemampuan Menyajikan Cerita Imajinasi Secara Tertulis Oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tanah Jawa Tahun Pembelajaran 2021/2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi penguasaan pengetahuan struktur dan kaidah kebahsaan teks narasi (cerita imajinasi) dengan kemampuan menyajikan cerita imajinasi secara tertulis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanah Jawa Tahun Pembelajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Tanah Jawa dengan jumlah sampel 32 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan tiga hal, yaitu: (1) Penguasaan pengetahuan struktur dan kaidah kebahasaan teks narasi (cerita imajinasi) siswa berkategori cukup dengan nilai rata-rata 66, (2) Kemampuan menyajikan cerita imajinasi secara tertulis oleh siswa berkategori baik, dengan nilai rata-rata 70, (3) Ada yang positif dan signifikan antara penguasaan pengetahuan struktur dan kaidah kebahasaan teks narasi (cerita imajinasi) dengan kemampuan menyajikan cerita imajinasi. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan korelasi product moment diperoleh = 0,769 dan nilai = 0,592 pada taraf signifikan α = 5% dengan N=32. Hal ini menunjukkan bahwa > yaitu 0,769 > 0,592. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara penguasaan pengetahuan struktur dan kaidah kebahasaan teks narasi (cerita imajinasi) dengan kemampuan menyajikan cerita imajinasi secara tertulis oleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanah Jawa Tahun Pembelajaran 2021/2022.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v11i2.36281
Article Metrics
Abstract view : 372 timesPDF - 276 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Evita Turnip, M. Joharis Lubis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License