Analisis Soal Materi pada Buku Teks Siswa Bahasa Indonesia Kelas X Semester 1 SMA Negeri 1 Bilah Hulu

Fauziah Helmi Hasibuan, Elly Prihasti Wuriyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis soal materi yang ada pada buku siswa Bahasa Indonesia kelas X semester 1 di SMA Negeri 1 Bilah Hulu tahun 2021 dengan mendeskripsikan kesesuaian soal dengan Kompetensi Dasar yang menjadi tolak ukur pemcapaian siswa dan analisis soal materi ini juga bertujuan mendeskripsikan persentase soal berkategori Low Order Thinking Skill (LOTS), Middle Order Thinking Skill (MOTS), dan Higher Order Thinking Skill (HOTS), menggunakan metode Taksonomi Bloom revisi Lorin W. Anderson dan David R. Krathwohl. Sumber data dalam penelitian ini ialah soal-soal dalam buku siswa Bahasa Indonesia kelas X semester 1 terbitan Kemendikbud 2016 revisi. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagaian besar butir soal telah sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator capaiannya. Selanjutnya, Butir soal semester satu berjumlah 126 soal, dari 126 soal ditemukan sebanyak 26,2% untuk soal berkategori LOTS, 35,7% untuk soal berkategori MOTS, dan 38,1%, untuk soal berkategori HOTS. Dengan demikian distribusi butir soal belum sesuai dengan Standar yakni 30% LOTS, 30% MOTS, dan 40% HOTS.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v11i2.36284

Article Metrics

Abstract view : 163 times
PDF - 189 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fauziah Helmi Hasibuan, Elly Prihasti Wuriyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License