Efektivitas Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi pada Siswa Kelas X SMA

Ati Rosmiati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa menulis Teks eksposisi menggunakan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB), strategi pembelajaran konvensional. Strategi manakah yang lebih efektif, apakah Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) atau konvensional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan instrumen tes kemampuan menulis Teks eksposisi berbentuk tulisan/karangan. Tes ini diujikan sebanyak 2 (dua) kali. Setelah masing-masing kelompok mengikuti pretes maka diberi perlakuan menggunakan SPPKB dan konvensional. Karena penelitian ini bersifat komparatif, maka harga skor variabel XA dan variabel XB diperbandingkan satu sama lain. Perbandingan yang digunakan adalah statistik “t”.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v11i2.36285

Article Metrics

Abstract view : 242 times
PDF - 191 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ati Rosmiati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License