Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Berpikir Berpasangan Berbagi (Think Pair and Share) terhadap Kemampuan Menanggapi Pembacaan Puisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Pahae Julu Tahun Pembelajaran 2014/2015

Dian Sitompul

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Tipe Berpikir Berpasangan Berbagi terhadap kemampuan menanggapi pembacaan puisi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pahae Julu tahun pembelajaran 2014/2015.Penelitian ini dilatarbelakangi masih adanya siswa yang mengalami kesulitan dalam menanggapi pembacaan puisi.Oleh karena itu, peneliti menggunakan model pembelajaran Tipe Berpikir Berpasangan Berbagi.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan one group pre-test-post-test design.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pahae Julu yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa 99 siswa.Dari jumlah tersebut ditetapkan sampel sebanyak 32 siswa. Instrument atau alat pengumpul data yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes essay menanggapi pembacaan puisi.Dari pengolahan data, diperoleh hasil pre test dengan rata-rata= 68.75, standard deviasi= 8.48. Sedangkan hasil post test diperoleh rata-rata= 77.34, standard deviasi= 8.75. Dari uji data hasil pre test dan post test didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah t0 sebesar 3,94. Setelah t0 diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan t tabel pada taraf signifikansi 5% dengan df=N-1=32-1=31.Dari df=31 diperoleh taraf signifikansi 5%= 2.04, karena t0 yang diperoleh lebih besar dari t tabel yaitu 3.94 >2.04, maka hipotesis alternatif (Ha)diterima.Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Tipe Berpikir Berpasangan Berbagi (Think Pair and Share) berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menanggapi pembacaan puisi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pahae Julu tahun pembelajaran 2014/2015.

Kata kunci : model pembelajaran tipe berpikir berpasangan berbagi,

menanggapi pembacaan puisi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v4i1.3772

Article Metrics

Abstract view : 107 times
PDF - 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Dian Sitompul

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License