PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS VII SMP N 2 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2014/2015.
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan menulis teks cerpen pada siswa kelas VII SMP N 2 Berastagi tahun pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 2 Berastagi yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 308 orang. Dari jumlah tersebut ditetapkan sampel sebanyak 36 orang siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksprimen dengan model one-group pre-test posttest design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes penugasan hasil karya (tertulis). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks cerpen dengan menerapkan model pembelajaran mind mapping termasuk kategori baik dengan rata-rata 70,69, sedangkan kemampuan siswa dalam menulis teks cerpen sebelum menerapkan model pembelajaran mind mapping termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 60,83. . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata menulis cerpen siswa setelah perlakuan lebih tinggi daripada nilai sebelum perlakuan. Pengujian hipotesis thitung = 3,32 kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% = 2,00. Karena thitung = 3,32 > ttabel = 2,00 maka hipoteis nihil (H0) ditolak. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran mind mapping berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks cerpen pada siswa kelas VII SMP N 2 Berastagi.
Kata kunci: model pembelajaran mind mapping, menulis teks cerpen
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v4i2.3781
Article Metrics
Abstract view : 517 timesPDF - 60 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Mesalina Sitepu, Mutsyuhito Solin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License