PENGARUH PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA SWASTA BANDUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Rainal Muchtar, Hasarepan Sigalingging

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Picture and Picture terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Swasta Bandung Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Bandung Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 36 orang yang terdiri dari 1 kelas. Maka ditetapkan 36 orang sebagai sampel penelitian. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan model desain penelitian one group pre-test-post-test. Instrumen yang digunakan adalah tes esai menulis cerpen. Nilai rata-rata pre-test adalah 61,11, sedangkan rata-rata post-test 75,63. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai tes pada post-test dengan menggunakan model picture and picture lebih tinggi daripada pre-test. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji t diperoleh thitung= 6.31, selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikan 5% dan 1% dengan df=36-1=35. Pada tabel “t” dengan df 35 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,03 dan pada taraf signifikan 1% = 2.72, maka dapat diketahui t0> ttabel, yakni 2,03< 6.31 > 2.72. Dengan demikian H0 (hipotesis nihil) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Hal ini berarti penerapan model picture and picture berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Swasta Bandung Tahun Pembelajaran 2014/2015.

Kata Kunci : Model Picture and Picture, Menulis Cerpen.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v4i4.3813

Article Metrics

Abstract view : 276 times
PDF - 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Rainal Muchtar, Hasarepan Sigalingging

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License