PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TIGAPANAH KABUPATEN KARO TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran penemuan (discovery learning) terhadap kemampuan memahami teks biogafi siswa kelas VIII SMP negeri 1 Tigapanah kabupaten karo Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 225 orang dan sampel yang diambil secara acak sebanyak 35 orang.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan one group pre-test post-test design.Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil post testmenggunakan model penemuan (discovery learning) dengan rata-rata 76,86, standar deviasi 9,37. Secara rinci, kategori pencapaian pengaruh model pembelajaran penemuan (discovery learning), kategori sangat baik 7 siswa atau 20%; kategori baik 21siswa atau 60%; kategori cukup 7 siswa atau 20%; kategori kurang 0 siswa atau 0%; kategori sangat kurang 0 siswa atau 0%. Sedangkan hasil pre-testsebelummenggunakan model penemuan (discovery learning) dengan rata-rata 66,06, standar deviasi 7,71. Kategori pencapaiannya yaitu kategori sangat baik 0 siswa atau 0%; kategori baik 12 siswa atau 14,28%; kategori cukup 18 siswa atau 51,43%; kategori kurang 5 siswa atau 14,28%; kategori sangat kurang 0 siswa atau 0%. Dari uji homogenitas didapat sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah to = 5,19, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% = 1,99. Karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 2,65>1,99, maka dapat dinyatakan H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sebelum dan sesudah mengunakan model pembelajaran penemuan (discovery learning) dalam memahamiteks biografi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tigapanah Kabupaten Karo Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Kata Kunci : model pembelajaran penemuan (discovery learning), memahami teks biografi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v4i4.3815
Article Metrics
Abstract view : 237 timesPDF - 4 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Renni Handayani Sembiring, Inayah Hanum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License