PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN GAGASAN UTAMA PADA TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP PAHLAWAN NASIONAL MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model CIRC dalam meningkatkan kemampuan menemukan gagasan utama pada teks deskripsi Siswa Kelas VII SMP Pahlawan Nasional Medan Tahun Pembelajaran 2014/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Pahlawan Nasional Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015, yang berjumlah 587 orang dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 40 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak kelas.Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian One Group Pre-test Post-Test Design yang hanya dilaksanakan pada satu kelas (kelompok) saja. Dari hasil pengolahan, diperoleh nilai rata-rata pretest 65 dan standar deviasi 5,6. Hasil nilai rata-rata post-test 78 dan standar deviasi 7,2. Berdasarkan uji normalitas pre-test memperoleh harga Lhitung< Ltabel (0,1301 < 1410) dan post-test memperoleh harga Lhitung< Ltabel (0,1236 < 1410). Hal ini membuktikan bahwa kedua data berdistristribusi normal. Kemudian berdasarkan ujian homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji homogenitas dan normalitas dilakukan, maka diketahuai to sebesar 8,67, selanjutnya todikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% - 2,02, karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel, yaitu 8.67 > 2,02, maka hipotesi diterima.Dengan demikian, diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh penggunaan model CIRC terhadap kemampuan menemukan gagasan utama pada teks deskripsi siswa kelas VII SMP Pahlawan Nasional Medan Tahun 2014/2015.
Kata Kunci : model pembelajaran CIRC, menemukan gagasan utama.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v4i3.3820
Article Metrics
Abstract view : 132 timesPDF - 11 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Novita Sari Purba, Basyaruddin Basyaruddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License