PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWAKELAS VII SMP SWASTA KARYA MURNI SIDIHONI TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Peronika Simbolon, Rumasi Simaremare

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VIISMP Swasta Karya Murni Sidihoni tahun Pembelajaran 2014/2015, yang berjumlah 111 orang dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 37 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara menentukan satu kelas acak yang dijadikan wakil populasi untuk diteliti. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model desain penelitian One Group Pre - test Post – test Design yang hanya dilaksanakan pada satu kelas (kelompok)saja. Di dalam desain ini pengukuran dilakukan sebanyak dua kaliyaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen .Pengukuran yang dilakukan sebelum eksperimen disebut pre-test dan pengukuran yang dilakukan setelah eksperimen post-test.Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pre-test 65,81, standar deviasi 9,99, penyebaran nilai siswa terbanyak adalah 70 sebanyak 8 orang atau sekitar 23%. Nilai rata-rata post test 78,1, standar deviasi 8,5, penyebaran nilai siswa terbanyak adalah 80 sebanyak 9 orang atau sekitar 24,32%. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-test dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan, maka diketahuilah to= 5,96. Selanjutnya to dikonsultasikan dengan tabel 1 pada taraf signifikasi 5% dengan df =  n-1 =37-1=36 diperoleh taraf signifikan 5% sebesar 2,00. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan maka dapat diketahui to>ttabel, yakni 5,96 >2,00. Dengan demikian Ha(Hipotesis Alternatif) diterima.Ha ini membuktikan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Swasta Karya Murni Sidihoni.

Kata Kunci :Model Pembelajaran Inkuiri, KemampuanMenulis teks Deskripsi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v4i3.3825

Article Metrics

Abstract view : 115 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Peronika Simbolon, Rumasi Simaremare

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License