PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KARIKATUR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh media pembelajaran karikatur terhadap kemampuan menulis teks anekdot oleh siswa kelas x sma negeri 5 medan sebanyak 440 siswa dan sampel penelitian sebanyak 80 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain posttest-only control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tulis. Nilai rata-rata kelas yang tidak menggunakan media karikatur 72 sedangkan yang menggunakan media karikatur 83. Pengujian hipotesis = 5,60 , kemudian dikonsultasikan dengan t pada taraf signifikan 5% = 1,99 dan taraf signifikan 1% = 2,64. Oleh karena yang diperoleh lebih besar dari , yaitu 1,99<5,60>2,64 maka hipotesis nihil () ditolak. Hal ini membuktikan bahwa media pembelajaran karikatur berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks anekdot oleh siswa kelas X SMA Negeri 5 Medan.
Kata kunci : media karikatur, anekdot
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v4i2.3827
Article Metrics
Abstract view : 347 timesPDF - 2 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Meiliana Sirait, Fitriani Lubis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License