PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS SISWA KELAS X SMA YAPSI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/ 2015

Muhammad Fachri Pratama, M. Oky Fardian Gaffari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menganalisis teks prosedur kompleks. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas X SMA YAPSI Medan dengan populasi 102 orang. Sampel diambil secara acak dan didapat kelas X IIS 1 sebagai sampel dalam penelitian ini dengan jumlah 35 orang. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test and post-test. Kemampuan menganalisis teks prosedur kompleks sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis masalah memperoleh nilai rata-rata sebanyak 52,71 (kategori kurang). Sedangkan kemampuan menganalisis teks prosedur kompleks sesudah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah memperoleh nilai rata-rata sebanyak 76,28 (kategori baik). Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji “t” diperoleh nilai thitung = 6,51. Selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5 % atau α = 0,05 diperoleh nilai t tabel = 1,67. Nilai   t hitung > t tabel atau 6,51 > 1,67. Sehingga, hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Hal ini membuktikan ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menganalisis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMA YAPSI Medan tahun pembelajaran 2014/ 2015.

 

Kata Kunci: Pembelajaran berbasis masalah, teks prosedur kompleks.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v4i2.3833

Article Metrics

Abstract view : 113 times
PDF - 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Muhammad Fachri Pratama, M. Oky Fardian Gaffari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License