Pengembangan Media Pembelajaran Canva Materi Teks Puisi Untuk Siswa Kelas VIII SMP

Giat Hidayat, Hermanto Hermanto, Riswanda Himawan

Abstract


Penelitian ini didasari dari hasil analisis kebutuhan produk di sekolah mitra yaitu ketersediaan media pembelajaran yang belum maksimal, khususnya pada materi teks puisi kelas VIII SMP. Adapun tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan produk media pembelajaran Canva materi teks puisi kelas VIII SMP , mengetahui kelayakan media pembelajaran Canva materi teks puisi kelas VIII SMP dan mengetahui produk akhir media pembelajaran Canva materi teks puisi kelas VIII SMP. Oleh sebab itu, maka dilakukan pengembangan media pembelajaran dengan aplikasi Canva materi teks puisi kelas VIII SMP dengan menerapkan pengembangan Research and Developmen (R&D). Teknik pengambilan data yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu observsi, wawancara, dan angket. Adapun teknik analisis penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil akhir media pembelajaran bahasa Indonesia berupa audio visual dengan aplikasi Canva materi tek puisi KD 3.7 dan KD 4.7 kelas VIII SMP. Dalam pengembangan media pembelajaran, penelitian ini melibatkan ahli materi, ahli media, dan ahli pengajaran. Adapun hasil yang didapat dari ahli materi yaitu 83% dengan kategori “sangat baik”, hasil dari ahli media yaitu 98,4 % dengan kategori “sangat baik”, hasil dari ahli materi yaitu 90% dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil tersebut maka didapat hasil akhir denga rata-rata 90,4%. Jadi dapat simpulkan media pembelajaran tersebut tergolong “sangat baik”

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v11i3.38819

Article Metrics

Abstract view : 547 times
PDF - 279 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Giat Hidayat, Hermanto Hermanto, Riswanda Himawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License