Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Ispring Mata Kuliah Pragmatik Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Inayah Hanum, Azhar Umar, Trisnawati Hutagalung

Abstract


Dalam penelitian ini akan membahas tentang keefektivan pembelajaran mata kuliah pragmatik dengan menggunakan media pembelajaran berbasis iSpring pada mahasiswa di prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis iSpring pada mahasiswa dalam mata kuliah pragmatik di prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Regular B semester V tahun ajaran 2022/2023 prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (artikel ini merupakan bagian kedua dari penelitian berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ispring di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Dalam Proses Pembelajaran Mata Kuliah Pragmatik”). Hasil dari penelitian ini, yaitu sebelum menggunakan media pembelajaran berbasis iSpring dalam pembelajaran pragmatik mendapatkan nilai rata-rata 67,3 dengan standar. Setelah menggunakan media pembelajaran berbasis iSpring siswa mendapatkan nilai rata-rata 85,2.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v11i3.38822

Article Metrics

Abstract view : 253 times
PDF - 225 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Inayah Hanum, Azhar Umar, Trisnawati Hutagalung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License