Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas VII Smp Negeri 2 Galesong Selatan Kabupaten Takalar

Sulaiman Sulaiman, M. Agus, Indramini Indramini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media film animasi terhadap kemampuan menulis teks narasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Galesong Selatan Kabupaten Takalar. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian experiment dengan desain pretest-posttest control group desain. Perbedaan ketarmpilan menulis teks narasi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol ditunjukkan dengan hasil uji analisis atatistik Wilcoxon dan Mann Whitney. Hasil uji analisis statistik Wilcoxon dan Mann Whitney pada nilai post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol keduanya menunjukkan nilai signifikasi Asymp.Sig.(2-tailed) = <0,001. Karena hasil nilai signifikasi Asyim.Sig.(2-tailed) = <0,001 < 0,05. Maka dari kedua hasil uji analisis statistik tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media film animasi terhadap kemampuan menulis teks narasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Galesong Selatan Kabupaten Takalar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v11i3.38827

Article Metrics

Abstract view : 334 times
PDF - 1125 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sulaiman Sulaiman, M. Agus, Indramini Indramini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License