Pemanfaatan Media Pembelajaran Rumah Belajar Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa dan Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa

Oktaviandi Bertua Pardede, Eka Dian Nita Br Haloho, Aritha Sion Sembiring, Febirona Br Karo

Abstract


Meningkatkan minat belajar dan kemampuan menulis teks berita siswa menjadi tujuan penelitian ini. Melalui pemanfaatan “rumah belajar” sebagai aplikasi pembelajaran online maka minat belajar dan kemampuan teks berita siswa meningkat secara signifikan. Minat belajar dan kemampuan menulis diidenktifikasi sebagai masalah utama di SMP TD Pardede dan perlu diteliti secara bersamaan karena kemampuan menulis siswa cenderung menurun paska pandemik. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Siswa yang berjumlah 27 orang dipilih melalui teknik purposive sampling. Kemudian data hasil penelitian dianalisis menggunakan desain tingkat kejenuhan data dan pre-experimental. Penelitian ini menghasilkan paradigma tentang adanya peningkatan minat belajar dan kemampuan menulis siswa akibat penerapan pembelajaran melalui “rumah belajar” di kelas. Terbukti bahwa 96,3% siswa yang mengalami kenaikan hasil belajar pada materi teks berita dengan masing-masing peningkatan pada kemampuan menulis teks berita yakni kelengkapan isi berita 37%, kelengkapan struktur berita 40%, penggunaan kalimat 23%, kosakata yang digunakan 24%, kemenarikan judul 22% dan penggunaan EYD 35%. Uji Wilcoxon menunjukkan sig > α yakni terjadi penerimaan Ha bahwa terdapat perbedaan pretes-postes siswa yang signifikan, dengan peningkatan 96,3%. Dengan demikian hasil penelitian ini membuktikan bahwa pemanfaatan aplikasi media pembelajaran online di kelas akan sangat berdampak pada minat belajar dan kemampuan menulis siswa.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v11i4.40801

Article Metrics

Abstract view : 194 times
PDF - 115 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Oktaviandi Bertua Pardede, Eka Dian Nita Br Haloho, Aritha Sion Sembiring, Febirona Br Karo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License