Optimalisasi Pendekatan Multimodal dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Beslina Afriani Siagian, Shinta Uly Monalisa Sihombing

Abstract


Multimodal adalah variasi mode berbahasa yang digunakan untuk berkomunikasi. Multimodal bukanlah fenomena baru lagi, namun tampaknya kemampuan literasi multimodal mahasiswa masih rendah. Hal itu didasarkan pada kecenderungan mahasiswa melakukan miskonsepsi, sulit mengaitkan pengetahuannya dengan fenomena di lingkungan, bahkan sulit berpikir kreatif dan logis. Untuk itulah, pendekatan multimodal dalam pembelajaran bahasa perlu dioptimalkan. Pendekatan multimodal yang dimaksud melibatkan perancangan pembelajaran yang dilakukan dengan multimodal, baik cara mengajarkan maupun desain bahan ajar yang digunakan. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan model 4D sebagai bagian dari penelitian R&D dalam merancang bahan ajar berbasis multimodal. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan penelitian deskriptif dan eksperimen dalam menganalisis data berupa angket kepuasan dan kemampuan mahasiswa dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis multimodal yang dioptimalkan layak dan optimal dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam pembelajaran bahasa. Selain itu, gaya belajar mahasiswa yang cukup beragam dapat difasilitasi dengan bahan ajar multimodal. Artinya, pendekatan multimodal yang dioptimalkan dapat diterapkan dalam pembelajaran bahasa. Penelitian ini berkontribusi dalam pengembangan kompetensi dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan literasi.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v11i4.40803

Article Metrics

Abstract view : 319 times
PDF - 864 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Beslina Afriani Siagian, Shinta Uly Monalisa Sihombing

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License