Perkembangan Kemampuan Berbahasa pada Anak Autisme di SLB Negeri Anim Ha Merauke
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan kemampuan berbahasa pada anak penyandang autisme melalui bahasa lisan di SLB Negeri Anim Ha Merauke serta upaya peningkatan berbahasa yang dilakukan oleh tim peneliti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu menggambarkan objek, kondisi atau peristiwa secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta, sifat, dan feneomena yang diselidiki.Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan kemampuan berbahasa pada anak penyandang autisme di SLB Negeri Anim Ha Merauke mengalami gangguan bahasa lisan. Pada anak penyandang autisme di SLB Anim Ha Merauke mengalami gangguan artikulasi ditandai dengan adanya subtitusi (penggantian), omisi (penghilangan), distorsi (tidak jelas), dan adisi (penambahan) dan mengalami gangguan berbahasa yang ditandai dengan adanya gangguan berbahasa reseptif dan ekspresif
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v11i4.40806
Article Metrics
Abstract view : 185 timesPDF - 191 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Dina Mariana Br. Tarigan, Wahyuniar Wahyuniar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License