Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Project Based Learning (PjBL) pada Materi Drama di SMA
Abstract
Berdasarkan observasi di SMA IT Jabal Noor, bahwa LKPD yang digunakan selama ini isinya masih belum dirancang untuk peserta didik dalam membuat sebuah proyek dan menghasilkan sebuah karya. Berdasarkan permasalahan tersebut, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), sehingga peneliti berinisiatif untuk mengembangkan LKPD berbasis Project based Learning. Penelitian ini berujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis Project based Learning pada materi drama di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengadopsi pengembangan 4D (define, design, develop, and disseminate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan pengembangan LKPD berbasis project based learning yang dinilai oleh ahli media berada pada kategori layak (4,57) dan ahli materi juga berada dalam kategori layak (4,72), serta respon peserta didik terhadap LKPD berbasis project based learning berada dalam kategori menarik (4,7). Dengan demikian dapt disimpulkan bahwa LKPD berbasis project based learning dapat digunakan dalam proses pembelajaran di SMA.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v11i4.40942
Article Metrics
Abstract view : 735 timesPDF - 206 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Syifa Indria, Abdurahman Adisaputera
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License