Pengaruh Metode Pembelajaran Picture Mapping (Picture and Mind Mapping) Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek pada Siswa SMP Negeri 31 Medan

Natasya Gabrela Br Siahaan, Sartika Sari, Novelina Wiranda Nainggolan, Hilda Septriani

Abstract


Kegiatan belajar-mengajar tidak hanya terpaku menggunakan satu metode saja, tetapi guru sebaiknya menggunakan metode yang bervariasi agar jalannya pengajaran tidak membosankan. Pada penelitian ini membahas tentang manfaat dari penggunaan Picture Mind mapping dalam meningkatan kemampuan siswa menulis cerpen. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian Tindakan kelas (PTK), yang menggunakan model penelitian Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 4 tahap, yakni perencanaan, pelaksaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini juga menggunakan 2 siklus untuk mengetahui perkembangan dari model pembelajaran Picture Mind mapping dalam menulis cerpen, pada siklus I nilai belum memenuhi KKM terlihat pada nilai rata-rata siswa yaitu hanya 48.65. Setelah menerapkan metode Picture Mind mapping pada siklus II sudah terlihat perubahan pada nilai rata-rata siswa yaitu 79.75.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v11i4.41388

Article Metrics

Abstract view : 304 times
PDF - 120 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Natasya Gabrela Br Siahaan, Sartika Sari, Novelina Wiranda Nainggolan, Hilda Septriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License