Buku Cerita Anak (Living Book) sebagai Pengembangan Media Pembelajaran Siswa Perbatasan Di SMP Negeri 1 Sebatik
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk buku cerita anak (living book) berbasis digital, sebagai media pembelajaran yang menarik dan meningkatkan minat baca siswa perbatasan di Sebatik. Penelitian ini mendeskripsikan penggunaan buku cerita anak berdasarkan kelayakan, kepraktisan, dan keefektifannya. Instrumen penelitian dan pengembangan ini menggunakan lembar wawancara guru, angket validasi ahli, dan angket respon guru serta siswa yang pada setiap angket memiliki 10 aspek penilaian. Hasil penelitian dari validasi penyajian buku cerita anak berbasis digital melalui angket oleh ahli bahasa mencapai persentase 92% dengan kualifikasi sangat layak, oleh ahli materi mencapai persentase 80% dengan kualifikasi sangat layak dan oleh ahli media mencapai persentase 79% dengan kualifikasi sangat layak. Hasil angket respon guru terhadap buku cerita anak berbasis digital mempunyai nilai persentase sebesar 88% dengan kualifikasi sangat praktis dan angket respon siswa memiliki persentase sebesar 84% yang dikualifikasikan sangat efektif. Uji coba produk dilakukan pada kelas VII-B SMP Negeri 1 Sebatik. Hasil penelitian dan pengembangan buku cerita anak berbasis digital layak digunakan untuk pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pembelajaran cerita fabel dan cerita fantasi di kelas VII
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v12i1.44354
Article Metrics
Abstract view : 167 timesPDF - 143 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Siti Sulistyani Pamuji, Rezky Nurmayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License