Pengembangan Media Pembelajaran Wacana dengan Aplikasi Flash Berbasis Literasi Lingkungan

Dedi Wijayanti, Ariesty Fujiastuti

Abstract


Penelitian bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menganalisis sebuah wacana yang ada di lingkungan sekitarnya. Mata kuliah ini mengajarkan kepada mahasiswa tentang jenis-jenis wacana serta teknik dalam memahami serta memnganalisis wacana. Akan tetapi, dalam proses pembelajaran ini mengalami kendala. Seharusnya dosen sudah memiliki media pembelajaran yang berisi materi dalam satu semester. Hal ini dilakukan supaya mahasiswa bisa belajar secara mandiri sehingga pada saat perkuliahan berlangsung mahsiswa dan dosen hanya mendiskusikan materi yang sulit dimengerti. Oleh karena itu, dibutuhkan mediapembelajaran yang dapat mendukung proses pembelajaran. Media yang dapat menarik perhatian mahasiswa yaitu media berbasis flash. Tujuan dalam penelitian ini yaitumengembangan media pembelajaran Wacana dengan aplikasi Flash berbasis literasi lingkungan untuk Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.Pengembangan media pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan metode research and Develompent (R&D). Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah prosedur pengembangan yang dikemukakan oleh Borg and GallMetode pengumpulan data dengan menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil dalam penelitian ini yaitu media pembelajaran.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v12i1.44402

Article Metrics

Abstract view : 168 times
PDF - 162 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dedi Wijayanti, Ariesty Fujiastuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License

slot gacor slot