Pengembangan Media Pembelajaran Wacana dengan Aplikasi Flash Berbasis Literasi Lingkungan
Abstract
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menganalisis sebuah wacana yang ada di lingkungan sekitarnya. Mata kuliah ini mengajarkan kepada mahasiswa tentang jenis-jenis wacana serta teknik dalam memahami serta memnganalisis wacana. Akan tetapi, dalam proses pembelajaran ini mengalami kendala. Seharusnya dosen sudah memiliki media pembelajaran yang berisi materi dalam satu semester. Hal ini dilakukan supaya mahasiswa bisa belajar secara mandiri sehingga pada saat perkuliahan berlangsung mahsiswa dan dosen hanya mendiskusikan materi yang sulit dimengerti. Oleh karena itu, dibutuhkan mediapembelajaran yang dapat mendukung proses pembelajaran. Media yang dapat menarik perhatian mahasiswa yaitu media berbasis flash. Tujuan dalam penelitian ini yaitumengembangan media pembelajaran Wacana dengan aplikasi Flash berbasis literasi lingkungan untuk Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.Pengembangan media pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan metode research and Develompent (R&D). Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah prosedur pengembangan yang dikemukakan oleh Borg and GallMetode pengumpulan data dengan menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil dalam penelitian ini yaitu media pembelajaran.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v12i1.44402
Article Metrics
Abstract view : 166 timesPDF - 160 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Dedi Wijayanti, Ariesty Fujiastuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License