Pemanfaatan Perbandingan Ungkapan Celaan Untuk Mengembangkan Kemampuan Berkomunikasi Pemelajar BIPA
Abstract
Penelitian ini bertujuan membandingkan ungkapan celaan, respon, serta edukasi bagi pemelajar BIPA sebagai subjek dan objek dari data yang diperoleh melalui metode penelitian deskriptif kualitatif berupa studi dokumentasi. Objek penelitian ini yaitu drive dan rekaman video pembelajaran BIPA. Data penelitian ini berupa kata, kalimat, dan dialog yang relevan dari 3 sumber data. 2 data dari drive tugas pemelajar BIPA dan 1 data dari hasil rekaman pembelajaran BIPA.Teknik analisis data menggunakan model alir berturutan dengan triangulasi sumber. Teori yang digunakan adalah teori konformitas dan teori Skinner punishment berupa teguran, serta edukasi berkaitan dengan kata yang lebih pantas untuk menggantikan kata yang mengarah pada celaan. Berdasarkan analisis data, diketahui (1) perbandingan ungkapan negatif dan celaan. (2) respon terhadap celaan yang didengar atau dirasakan, (3) edukasi terkait arahan, pelatihan, pembinaan, dan pendampingan terhadap pemilihan kata yang lebih positif dibandingkan dengan kata celaan. Peneliti selanjutnya dapat melanjutkan penelitian ini dengan menyelaraskan konteks kalimat dengan apa yang diucapkan oleh pemelajar BIPA
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v12i1.45370
Article Metrics
Abstract view : 138 timesPDF - 130 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Prima Vidya Ariesta, Tiara Ayu Berliana Ana Gita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License