Penerapan Penggunaan Soal HOTS pada Karya Sastra dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara
Abstract
Penelitian ini menetapkan bahan gambar karya sastra sebagai referensi untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal ini berkaitan dengan tujuan penelitian yakni adanya peningkatan keterampilan berbicara melalui akivitas bercerita karya sastra dengan penggunaan soal HOTS (High Order Thinking Skill). Ragam soal HOTS dapat mengoptimalkan berpikir kritis siswa yang kemudian akan meningkatkan keterampilan berbicara secara signifikan. Maka penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kualitas soal HOTS pada karya sastra, dan untuk mengeksplorasi keterampilan berbicara siswa setelah diberikan soal HOTS pada pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menerapkan pendekatan campuran yakni kuantitatif dan kualitatif. Adapun metode penelitian yaitu bersifat eksplanatori dengan menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Populasi penelitian adalah siswa SMP Negeri 1 Sunggal yang merupakan hasil penarikan sampel secara purposif. Hasil penelitian menunjukkan penerimaan Ha (sig=0,000<α=0,05) bahwa terdapat perbedaan keterampilan berbicara siswa yang signifikan sebelum dan sesudah mengerjakan soal HOTS. Hasil perbandingan siklus juga menunjukkan adanya peningkatan pada siklus 2 yakni terdapat > 80% siswa yang melampau KKM = 75. Perilaku belajar siswa juga menunjukkan 83,3% yang setuju bahwa karya sastra dapat mendorong antusias berbahasa dalam pelajaran bahasa Indonesia. Dengan demikian penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan berbicara dipengaruhi oleh kemampuan berpikir kritis yang tersaji dalam soal HOTS
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v12i2.47330
Article Metrics
Abstract view : 209 timesPDF - 192 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Oktaviandi Bertua Pardede, Ramadhan Saleh Lubis, Nanda Dwi Astri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License