Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi

Ai Delin, Lina Siti Nurwahidah, Ari Kartini

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melihat keefektifan model Discovery Learning berbantuan media audiovisual untuk meningkatkan kemmapuan keterampilan menulis teks eksplanasi. Metode penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan one group pretest posttest design. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Nurul Amin Garut yang terdiri atas 3 kelas, sedangkan sampel yang ditetapkan adalah 23 siswa yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes prates dan pascates. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji statistika terhadap nilai prates dan pascates menggunakan Uji normalitas, Uji homogenitas dan Uji “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) berdasarkan Uji Liliefors, data prates dan pascates keterampilan menulis teks eksplanasi berdistribusi normal (2) berdasarkan Uji Homogenitas diperoleh hasil kedua data tersebut homogen (3) berdasarkan Uji “t” diperoleh hasil (thitung = 11,4) dan besarnya “t” pada tabel (t0,05(22) = 1,7171 dan t0,01(22) = 2,5083) (3). Berdasarkan hasil tersebut, dapat diketahui bahwa model Discovery Learning berbantuan media audiovisual mampu meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis teks eksplanasi.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v12i2.47336

Article Metrics

Abstract view : 112 times
PDF - 100 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ai Delin, Lina Siti Nurwahidah, Ari Kartini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License