Pengembangan Bahan Ajar Teks Biografi Berbasis Pendidikan Karakter Pada Siswa Kelas X

Resi Tri Agustina, Yenny Puspita, Liza Murniviyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah bahan ajar berbasis pendidikan karakter dengan materi teks biografi pada pembelajaran bahasa Indonesia. Bahan ajar yang di hasilkan yaitu berupa sebuah modul. Penelitian pengembangan ini mengikuti langkah-langkah pengembangan model ADDIE. Subjek dalam penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas X IPS yang berjumlah 34 siswa. Dalam penelitian pengembangan ini  dengan jumlah 3 siswa untuk uji coba one to one dan 10 siswa untuk uji coba small group.Berdasarkan hasil dari penelitian membuktikan bahwa produk bahan ajar berbasis pendidikan karakter berupa modul pada materi teks biografi yang dikembangkan memenuhi aspek kevalidan materi dengan presentase nilai 80% berkategori sangat valid., aspek kevalidan bahasa dengan presentasi nilai 77,7% dengan kategori valid, dan aspek kevalidan media dengan presentase nilai 85% dengan kategori sangat valid. Sehingga dapat disimpulkan bahawa produk bahan ajar yang dikembangkan memperoleh nilai  rata-rata presentase sebesar 89% yang menunjukkan kategori sangat valid dan layak untuk digunakan.

 

Kata Kunci: Bahan Ajar, Pendidikan Karakter, Teks Biograf


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v12i3.48687

Article Metrics

Abstract view : 112 times
PDF - 66 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 resi tri agustia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License