Peningkatan Membaca Permulaan dengan Metode Read Aloud Berbantuan Media Flashcard pada Siswa Kelas 1 SD Tumbuh 4 Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini berfokus pada metode pembelajaran Read Aloud berbantuan media flashcard dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana metode Read Aloud berbantuan media flashcard dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa. Berkaitan dengan tujuan tersebut, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pengambilan data dilakukan dengan observasi dan tes yang dilakukan dalam 2 kali siklus pada tanggal 25 Oktober 2023 di SD Tumbuh 4, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Melalui dua kali siklus peneliti menemukan data-data berupa skor hasil tes indicator ketercapaian penelitian. Data tersebut kemudian dianalisis dengan metode analisis komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode Read Aloud berbantuan media flashcard dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan skor yang diperoleh siswa dari siklus 1 yang meningkat di siklus 2, dimana setiap siswa dapat mencapai skor 3 yang menjadi indicator keberhasilan membaca permulaan.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v12i4.54565
Article Metrics
Abstract view : 78 timesPDF - 78 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Reynal Khoirunnisa Devi, Septiyati Purwandari, Putri Meinita Triana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License