Pengembangan Pendekatan Multimodal dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengembangan pendekatan multimodal dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian R & D versi yang dikenal dengan model 4D, yakni define (pendahuluan), design (pengembangan), development (uji lapangan), dan dissemination (diseminasi). Penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa dalam pembelajaran menunjukkan peningkatan berdasarkan uji tes deskriptif. Nilai rata-rata pretest mahasiswa yang sebelumnya 65,74 meningkat menjadi 81,85. Selain itu, mahasiswa juga lebih bersemangat dan cepat memahami pembelajaran karena kebutuhan belajarnya sudah terpenuhi.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v12i4.54566
Article Metrics
Abstract view : 104 timesPDF - 61 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Beslina Afriani Siagian, Renita Br. Saragih, Sania Sutari Br. Tarigan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License