Pengembangan Pendekatan Multimodal dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Beslina Afriani Siagian, Renita Br. Saragih, Sania Sutari Br. Tarigan

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengembangan pendekatan multimodal dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian R & D versi yang dikenal dengan model 4D, yakni define (pendahuluan), design (pengembangan), development (uji lapangan), dan dissemination (diseminasi). Penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa dalam pembelajaran menunjukkan peningkatan berdasarkan uji tes deskriptif. Nilai rata-rata pretest mahasiswa yang sebelumnya 65,74 meningkat menjadi 81,85. Selain itu, mahasiswa juga lebih bersemangat dan cepat memahami pembelajaran karena kebutuhan belajarnya sudah terpenuhi.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v12i4.54566

Article Metrics

Abstract view : 39 times
PDF - 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Beslina Afriani Siagian, Renita Br. Saragih, Sania Sutari Br. Tarigan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License