Ponsel sebagai Wahana Belajar Daring dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia: Konteks Kurikulum Merdeka

Purwati Zisca Diana, Sudaryanto Sudaryanto, Soviyah Soviyah, Dita Franesti, Wanda Arifin

Abstract


Telepon seluler (ponsel) merupakan salah satu wahana belajar daring dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, terutama dalam konteks Implementasi Kurikulum Merdeka. Terkait itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan ponsel sebagai wahana belajar daring dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP dan SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa sumber-sumber belajar daring yang tertera dalam Buku Panduan Guru Bahasa Indonesia untuk SMP Kelas VII (2021) dan Buku Panduan Guru Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/SMK Kelas XI (2021). Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan metode observasi atas sumber-sumber belajar daring tadi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ponsel menjadi wahana belajar daring dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Di SMP kelas VII, sumber-sumber belajar daring, di antaranya, laman Letsreadasia, laman Literacyloud, dan aplikasi Wattpad. Di SMA kelas XI, sumber-sumber belajar daring, di antaranya, laman Perpusnas, kanal Youtube Badan Bahasa, dan kanal Youtube Teater Koma

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v12i4.54592

Article Metrics

Abstract view : 33 times
PDF - 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Purwati Zisca Diana, Sudaryanto Sudaryanto, Soviyah Soviyah, Dita Franesti, Wanda Arifin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License