Teknik Copy the Master dalam Pembelajaran Menulis Novel Sejarah Pribadi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning=PjBL), teknik Copy the Master, dapat mengatasi masalah-masalah yang dialami siswa pada pembelajaran menulis Novel Sejarah Pribadi, seperti memilih pengalaman-pengalaman yang akan diangkat menjadi cerita, mengembangkan alur cerita dan menajamkan konflik cerita, membuat ending setiap bagian cerita menjadi menarik, serta membuat rangkaian antara cerita yang satu dengan cerita yang lainnya. Penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode eksperimental dengan desain pra-eksperimental (preexperimental designs) ini, terbukti cukup efektif mengatasi masalah–masalah tersebut. Sehingga dapat dijadikan alternatif bagi guru-guru Bahasa Indonesia lainnya dalam mengatasi permasalahan dalam pembelajaran menulis Novel Sejarah Pribadi.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v12i4.54605
Article Metrics
Abstract view : 74 timesPDF - 56 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Novianti Novianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License