Kemampuan Menulis Kalimat Efektif dengan Model Complete Sentence pada Siswa Sekolah Dasar

Rusda Nita Nelly Manurung, Putri Agnesia Purnama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi menulis kalimat efektif setelah siswa belajar melalui model pembelajaran Complete Sentence. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari dua siklus dengan langkah-langkahnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III dengan jumlah 20 orang yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 12 siswi perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan nilai siswa dengan nilai rata-rata dan persentase ketuntasan menurut siklus yaitu pada siklus I sebanyak 68,75 atau 42% dan siklus II sebanyak 89 atau 100%. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Complete Sentence dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v13i1.56846

Article Metrics

Abstract view : 33 times
PDF - 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rusda Nita Nelly Manurung, Putri Agnesia Purnama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License