Integrasi Media Sosial dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa di Prodi PBSI UAD Pada Era Society 5.0

Denik Wirawati, Hasrul Rahman, Syariful Fahmi, Elrida Syafa Qurrota A'yun

Abstract


Penelitian in bertujuan memaparkan integrasi media sosial di dalam proses pembelajaran keterampilan berbahasa (membaca, menyimak) di prodi PBSI UAD semester gasal. Penelitian ini dilatarbelakangi, sebagai pengajar hendaknya mengembangkan diri dalam proses mengajar. Penelitian memaparkan gambaran integrasi media sosial dalam pembelajaran keterampilan berbahasa di prodi PBSI UAD pada era society 5.0. Metode penelitian deskriptif kualitatif. Sampel; random pada matakuliah membaca, menyimak. Masing-masing mengambil satu kelas sebagai sampel data. Jumlah mahasiswa kurang lebih 30. Teknik samplingnya adalah probility sampling. Hasil penelitian yaitu integrasi media sosial dilakukan pada pembelajaran komprehensi tulis (membaca) dan komprehensi Lisan (menyimak). Integrasi media sosial dengan menggunakan Youtobe, tiktok dan Instagram dalam tahap pembukaan, inti, penutup serta evaluasi dalam proses pembelajaran keterampilan membaca dan menyimak. Pentingnya sebagai dosen mengikuti perkembangan teknologi yang disesuaikan dengan generasi Z. Artikel ini dapat digunakan sebagai referensi kedepan bagi pembaca khususnya pengajar bahwa media sosial dapat diintegrasikan dalam pembelajaran membaca dan menyimak.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v13i1.56886

Article Metrics

Abstract view : 49 times
PDF - 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Denik Wirawati, Hasrul Rahman, Syariful Fahmi, Elrida Syafa Qurrota A'yun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License