Integrasi Media Sosial dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa di Prodi PBSI UAD Pada Era Society 5.0
Abstract
Penelitian in bertujuan memaparkan integrasi media sosial di dalam proses pembelajaran keterampilan berbahasa (membaca, menyimak) di prodi PBSI UAD semester gasal. Penelitian ini dilatarbelakangi, sebagai pengajar hendaknya mengembangkan diri dalam proses mengajar. Penelitian memaparkan gambaran integrasi media sosial dalam pembelajaran keterampilan berbahasa di prodi PBSI UAD pada era society 5.0. Metode penelitian deskriptif kualitatif. Sampel; random pada matakuliah membaca, menyimak. Masing-masing mengambil satu kelas sebagai sampel data. Jumlah mahasiswa kurang lebih 30. Teknik samplingnya adalah probility sampling. Hasil penelitian yaitu integrasi media sosial dilakukan pada pembelajaran komprehensi tulis (membaca) dan komprehensi Lisan (menyimak). Integrasi media sosial dengan menggunakan Youtobe, tiktok dan Instagram dalam tahap pembukaan, inti, penutup serta evaluasi dalam proses pembelajaran keterampilan membaca dan menyimak. Pentingnya sebagai dosen mengikuti perkembangan teknologi yang disesuaikan dengan generasi Z. Artikel ini dapat digunakan sebagai referensi kedepan bagi pembaca khususnya pengajar bahwa media sosial dapat diintegrasikan dalam pembelajaran membaca dan menyimak.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v13i1.56886
Article Metrics
Abstract view : 169 timesPDF - 89 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Denik Wirawati, Hasrul Rahman, Syariful Fahmi, Elrida Syafa Qurrota A'yun
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License