Analisis Campur Kode dalam Interaksi Jual dan Beli di Pasar Raya MMTC Kabupaten Deli Serdang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena kebahasaan yaitu campur kode pada tuturan yang disampaikan oleh penjual dan pembeli di pasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data di dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik, yaitu: teknik simak bebas, teknik, rekam, dan teknik catat. Analisis data dilakukan dengan teknik alir sistematis, yaitu dimulai dari tindakan mereduksi data atau informasi yang diperoleh guna menemukan data atau informasi yang lebih akurat atau lebih penting. Data dalam penelitian ini berwujud pada pemakaian bahasa oleh penjual dan pembeli di Pasar Raya MMTC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk bentuk campur kode pada penjual dan pembeli berupa campur kode kata dan frasa. Campur kode tersebut berasal dari berbagai bahasa, yaitu: bahasa daerah (meliputi: bahasa Batak, bahasa Angkola Mandailing, serta bahasa Nias), dan bahasa gaul. Selain itu, bentuk-bentuk campur kode tersebut terbagi atas lima belas tuturan, yang terdiri dari sembilan campur kode dalam bentuk kata dan enam campur kode dalam bentuk frasa.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v13i1.57003
Article Metrics
Abstract view : 94 timesPDF - 91 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Dzakiyah Mega Wangi, Elsy Eliasar, Ernisa Hidayah, Yuliana Sari, Ayu Nadira Wulandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License