Ekspresi Kreativitas Topik dalam Menulis Pentigraf dan Strategi Pengembagannya Karya Siswa Sekolah Indonesia Jeddah

Prima Vidya Asteria, Parmin Parmin, Sutikno Sutikno, Ade Mulyanah

Abstract


Tujuan penelitian ini mendeskripsikan keberagaman topik yang dipilih oleh siswa dalam menulis pentigraf dan bagaimana siswa mengembangkan cerita sesuai dengan struktur yang ditetapkan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan metode deskriptif dengan data berupa tulisan pentigraf karya siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) keanekaragaman topik pentigraf siswa dalam mengekspresikan kreativitas penulisan pentigraf, (2) terdapat cerita yang belum memenuhi syarat sebagai pentigraf karena jumlah katanya yang kurang dan berlebihan, (3) selain itu, terdapat strategi pengembangan efektif sesuai dengan teori struktur pentigraf yang terdiri dari (1) abstraksi, (2) komplikasi, dan (3) resolusi. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap ekspresi kreatif siswa melalui pentigraf dan memberikan landasan bagi pengembangan strategi pengajaran karya sastra yang lebih inovatif dan efektif di lingkungan pendidikan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v13i1.57005

Article Metrics

Abstract view : 26 times
PDF - 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Prima Vidya Asteria, Parmin Parmin, Sutikno Sutikno, Ade Mulyanah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License