Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Jambi
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data penelitian adalah siswa dan guru bahasa Indonesia SMP Negeri 14 Kota Jambi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes kemampuan membaca pemahaman siswa dan wawancara yang ditujukkan kepada guru bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa di SMP Negeri 14 Kota Jambi termasuk dalam kategori rendah atau kurang mampu. Berdasaarkan skor hasil tes yang dilakukan oleh siswa yang setelah dihitung mempunyai nilai rata-rata 67,1. Nilai tersebut masuk ke dalam kategori kurang mampu karenan Indikator kinerjanya sesuai dengan nilai ketuntasan minimal menurut sekolah adalah 70, perolehan nilai pada setiap siswa dalam pembelajaran harus 70 ke atas dengan ketuntasan 80% ke atas.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v13i2.59576
Article Metrics
Abstract view : 90 timesPDF - 79 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Siti Fatimah, Eddy Pahar Harahap, Nurfadilah Nurfadilah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License