Peningkatan Hasil Belajar dan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik Menggunakan Model Discovery Learning di SMP Swasta Katolik Asisi Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model Discovery Learning untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dan hasil belajar peserta didik di SMP Swasta Assisi. Penelitian tindakan kelas (PTK) melibatkan 32 peserta didik dari Fase D Kelas VII Tahun Pelajaran 2023/2024. Langkah metode penelitian yang dilakukan dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data termasuk tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis deskriptif kualitatif digunakan, dengan kriteria keberhasilan proses dan produk. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam penerapan Discovery Learning dan keterampilan komunikasi peserta didik, seperti pemberian rangsangan (75% menjadi 85%), pernyataan masalah (69% menjadi 75%), pengumpulan data (58% menjadi 83.3%), pengolahan data (67% menjadi 91.6%), pembuktian/verifikasi (58% menjadi 83.3%), dan menarik kesimpulan (88% menjadi 93.7%). Demikian juga, terjadi peningkatan dalam keterampilan komunikasi peserta didik, seperti penyampaian ide dan pikiran (34.37% menjadi 72.50%), intonasi dan volume suara (38% menjadi 73.4%), kemampuan mendengar (50.62% menjadi 68.12%), penggunaan bahasa yang efektif (51.25% menjadi 74.3%), dan penggunaan bahasa tubuh yang baik dan tepat (36.71% menjadi 84.3%). Hasil belajar peserta didik juga meningkat, seperti dalam kemahiran (dari 31% menjadi 90%) dan kemampuan verbal (dari 59% menjadi 10%). Rekomendasi mencakup penguatan kreativitas pendidik, evaluasi kurikulum, dan peningkatan strategi pembelajaran untuk mencapai hasil belajar peserta didik secara holistik.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v13i2.59652
Article Metrics
Abstract view : 100 timesPDF - 53 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Mei Reh Ulina Br Ketaren, Ermina Waruwu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License