Implemantasi Model Pembelajaran Two Stay Two Stray pada Kemampuan Membaca Dongeng Siswa
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan siswa dalam membaca dongeng melalui model pembelajaran Two Stay Two Stray. Metode dalam penelitian ini adalah eksperimen dan jenis penelitian kuantitatif dengan desain one group pretest posttest design. Instrumen yang digunakan adalah pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji normalitas, dan uji sampel t sampel berpasangan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Talaga dengan sampel 30 siswa kelas X TKJ 1. Hasil penelitian ini adalah: 1) kemampuan siswa dalam membaca dongeng sebelum menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray masih jauh dari nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) dengan nilai rata-rata 73,33; 2) kemampuan siswa dalam membaca dongeng sesudah menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 82,23; 3) berdasarkan uji t (paired sample t-test) Ha diterima dan H0 ditolak karena nilai sig. (2 tailed) 0,000 < 0,05. Maka dari itu model pembelajaran Two Stay Two Stray memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca dongeng siswa kelas X SMK Negeri 1 Talaga.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v13i2.60723
Article Metrics
Abstract view : 171 timesPDF - 102 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Hilda Maulida, Fajar Sukma Nur Alam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License