Alihwahana Teks Negosiasi ke Bentuk Naratif Menggunakan Model Self Directed Learning

Haniva Haniva, Indriani Nisja, Ricci Gemarni Tatali

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model self directed learning terhadap keterampilan mengalihwahanakan teks negosiasi dari bentuk dialog ke bentuk naratif siswa fase E SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan penelitian one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini dilaksanakan kepada seluruh siswa fase E di SMA Pembangunan Laboratorium UNP berjumlah 192 siswa terdiri dari enam kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa fase E2 yang berjumlah 35 siswa. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan mengalihwahanakan teks negosiasi dari bentuk dialog ke bentuk naratif siswa fase E SMA Pembangunan Laboratorium UNP sebelum dan sesudah menggunakan model self directed learning. Hasil penelitian sebelum menggunakan model self directed learning siswa memperoleh nilai rata-rata 69,04 berada pada rentangan 66-75% berkualifikasi Lebih dari Cukup (LdC). Hasil sesudah menggunakan model self directed learning memperoleh nilai rata-rata 82,85 berada pada rentangan 76-85% berkualifikasi Baik (B).

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v13i3.63703

Article Metrics

Abstract view : 17 times
PDF - 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Haniva Haniva, Indriani Nisja, Ricci Gemarni Tatali

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License