Keefektifan Bahan Ajar Berbasis Leaflet Materi Puisi Kelas XI MA Islamic Centre

Authors

  • Anisa Amelia Putri Lubis Universitas Islam Sumatera Utara
  • Rika Kartika Universitas Islam Sumatera Utara
  • Rita Universitas Islam Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.24114/kjb.v13i3.65860

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas keefektifan bahan ajar berbasis leaflet dengan materi teks puisi di kelas XI Madrasah Aliyah Islamic Centre Medan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model Borg and Gall yang dibatasi hingga 6 (enam) tahap pengembangan. Total populasi berjumlah 83 peserta didik dengan sampel penelitian sebanyak 35 peserta didik. Data hasil penelitian diolah dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi dari ahli materi I sebesar 90% (kategori “Sangat Efektif”), ahli materi II sebesar 78% (kategori “Efektif”), ahli media I sebesar 88% (kategori “Sangat Efektif”), dan ahli media II sebesar 80% (kategori “Efektif”). Penilaian dari guru bidang studi memperoleh hasil sebesar 94% (kategori “Sangat Efektif”). Uji coba secara perorangan pada 5 peserta didik mendapatkan hasil 99% (kategori “Sangat Efektif”), uji coba kelompok kecil dengan 10 peserta didik memperoleh hasil 97% (kategori “Sangat Efektif”), dan uji coba kelompok besar pada 35 peserta didik memperoleh hasil 95% (kategori “Sangat Efektif”). Dengan demikian, bahan ajar berbasis leaflet dapat dikembangkan dan terbukti berhasil mendorong peserta didik untuk aktif dalam proses pembelajaran serta membantu pencapaian tujuan pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka.

Downloads

Published

2024-12-30