Efektivitas Teknik Jeu de Rôle dalam Berbicara Bahasa Prancis di SMA

Authors

  • Fatin Shidqiyah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Iim Siti Karimah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ariessa Racmadhany Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24114/kjb.v13i4.65861

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari teknik jeu de rôle atau bermain peran pada keterampilan berbicara bahasa Prancis pada siswa SMA dengan menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XII yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui: (a) observasi, (b) tes, (c) dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa siswa mengalami peningkatan kemampuan dalam berbicara bahasa Prancis pada tingkat niveau A1 sebesar 32% serta penggunaan teknik jeu de rôle ini efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Prancis siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai sebesar -32,574 dan sebesar 1,68830 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti hipotesis kerja dalam penelitian ini diterima.

Downloads

Published

2025-05-23