Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kabupaten Kubu Raya
DOI:
https://doi.org/10.24114/kjb.v13i1.65901Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi apa saja problematika yang dihadapi pada penerapan asesmen diagnostik dan pembelajaran berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kabupaten Kubu Raya. Metode yang digunakan yaitu metode descriptive design, bentuk penelitian yang digunakan yaitu kualitatif. Subjek penelitian melibatkan siswa, guru bidang studi Bahasa Indonesia, dan Kepala Sekolah di beberapa sekolah yang terlibat di antaranya: 1) SMP Nurul Islam, 2) SMPN 11 Sungai Kakap, 3) SMAN 3 Sungai Kakap, 4) SMAN 1 Rasau Jaya. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, kuesioner, dan studi dokumenter. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan guru menghadapi kendala dalam implementasi Kurikulum Merdeka seperti keterbatasan waktu untuk pelaksanaan asesmen yang mendalam, kurangnya fasilitas teknologi dan ruang belajar, serta motivasi belajar siswa yang rendah. Selain itu, keberagaman kebutuhan siswa menjadi tantangan tersendiri karena memerlukan upaya ekstra dalam menyesuaikan metode pembelajaran.Downloads
Published
2025-03-28
Issue
Section
Articles