Media Nearpod terhadap Kemampuan Literasi Digital Siswa dalam Penulisan Karya Ilmiah
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Nearpod terhadap kemampuan literasi digital siswa dalam menulis karya ilmiah di kelas XI SMA Negeri 1 Maron. Literasi digital menjadi keterampilan penting dalam era global, terutama dalam mendukung kemampuan berpikir kritis dan pengelolaan informasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pretestposttest nonequivalent control group, melibatkan dua kelas sebagai sampel (n=71). Instrumen yang digunakan mencakup observasi, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan peningkatan signifikan pada kelas eksperimen yang menggunakan Nearpod dibandingkan kelas kontrol. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen mencapai 91,74 dengan skor N-Gain sebesar 0,8137 (kategori tinggi), sedangkan kelas kontrol hanya mencapai 69,49 dengan N-Gain 0,17051 (kategori sedang). Fitur interaktif Nearpod seperti kuis, Draw It, dan integrasi PDF menujukkan potensi meningkatkan partisipasi aktif danpemahaman siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa Nearpod efektif dalam meningkatkan literasi digital siswa, khususnya dalam konteks penulisan karya ilmiah. Kata Kunci: Nearpod, literasi digital, karya ilmiahDownloads
Published
2025-06-30
Issue
Section
Articles