KEEFEKTIFAN BAHAN AJAR BERBASIS LEAFLET MATERI PUISI KELAS XI MA ISLAMIC CENTRE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas keefektifan bahan ajar berbasis Leaflet dengan materi teks Puisi di Kelax XI Madrasah Aliyah Islamic Centre Medan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model Borg and Gall yang dibatasi hingga 6 (enam) tahap pengembangan. Total populasi berjumlah 83 peserta didik dengan mengambil sampel penelitian berjumlah 35 peserta didik. Data hasil penelitian diolah dengan teknik kualitatif dan kuantitatif mendapatkan persentase dari validator ahli materi I sebesar 90% kategori “Sangat Efektif”, validator ahli materi II sebesar 78% kategori “Efektif”, validator ahli media I mendapatkan hasil 88% kategori “Sangat Efektif” dan validator ahli media II sebesar 80% kategori “Efektif”. Penilaian guru bidang studi mendapatkan hasil sebesar 94% kategori “Sangat Efektif”. Uji coba dilakukan secara perorangan dengan jumlah 5 orang peserta didik mendapat hasil 99% kategori “Sangat Efektif”, uji coba kelompok kecil dengan jumlah 10 orang peserta didik dengan hasil 97% kategori “Sangat Efektif” dan uji coba kelompok besar berjumlah 35 orang peserta didik dengan hasil 95% kategori “Sangat Efektif”. Sehingga bahan ajar berbasis Leaflet dapat dikembangkan dan berhasil mendorong peserta didik untuk aktif pada proses pembelajaran dan mencapai tujuan pembelajaran pada Kurikulum Merdeka.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v13i4.66986
Article Metrics
Abstract view : 1 timesPDF - 3 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Anisa Amelia Putri Lubis, Rika Kartika, Rita Rita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License