EFEKTIVITAS TEKNIK JEU DE RÔLE DALAM BERBICARA BAHASA PRANCIS DI SMA

Fatin Shidqiyah, Iim Siti Karimah, Ariessa Racmadhany

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari teknik jeu de rôle atau bermain peran pada keterampilan berbicara bahasa Prancis pada siswa SMA dengan menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XII yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui: (a) observasi, (b) tes, (c) dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa siswa mengalami peningkatan kemampuan dalam berbicara bahasa Prancis pada tingkat niveau A1 sebesar 32% serta penggunaan teknik jeu de rôle ini efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Prancis siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai sebesar -32,574 dan sebesar 1,68830 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti hipotesis kerja dalam penelitian ini diterima.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v13i4.66990

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fatin Shidqiyah, Iim Siti Karimah, Ariessa Racmadhany

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License

slot gacor slot