Kemampuan Analisis Teks Cerita Inspiratif dalam Aritmetika Sosial berbasis HOTS
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi kemampuan siswa dalam manganalisis soal teks cerita inspiratif siswa. Soal teks cerita inspiratif akan diasimilasi dengan soal materi aritmetika sosial. Penekanan pada konteks soal berbasis High Order Thinking Skill (HOTS) untuk mengukur kemampuan analisis teks cerita inspiratif siswa dilakukan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan soal berbasis HOTS. Penelitian dilakukan di SMP Medan Mulia dengan desain one group pretest-postes design. Penarikan sampel didasarkan pada purposive sampling yakni siswa fase D kelas 9C yang berjumlah 38 orang sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan soal HOTS pada teks cerita inspiratif dapat diasimilasi dalam aritmetika sosial. Teks cerita inspiratif ternyata sesuai dengan aritmetika sosial diamana adanya persamaan isi cerita yang mengutamakan pengalaman sehari-hari manusia. Dan melalui penggunaan soal HOTS ini, siswa menunjukkan peningkatan aktivitas belajarnya yang telah mampu mengkonstruksikan analisis kritis pikirannya. Hasil uji hipotesis dengan independet sample t test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan analisis soal teks cerita inspiratif siswa secara signifikan setelah diasimilasi dalam aritmetikasosial. Dan melalui uji hipotesis paired sample t-test juga menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang signifikan setelah disusun dalam soal HOTS. Kata Kunci: Soal HOTS, teks cerita inspiratif, aritmetika sosial, berpikir kritis, kemampuan analisis.Downloads
Published
2025-06-30
Issue
Section
Articles