Model Team Games Tournament (TGT) Terhadap Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah
Abstract
Team Games Tournament (TGT) merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa, permasalahan yang ada di MI As-Sunniyyah yaitu, minimnya penggunaan media dan model pembelajaran hanya berfokus pada pendekatan ceramah, tujuan dilaksanakan penelitian untuk mengevaluasi pengaruh penggunaan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap keaktifan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Adapun untuk penelitian menggunakan Pendekatan kualitatif dengan strategi studi kasus, dari penelitian ini diperoleh beberapa data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian di MI As-Sunniyyah Kencong, selama kurang lebih 4 bulan terhitung dari bulan Februari sampai dengan mei 2025. Subjek penelitian adalah guru kelas III, V dan VI serta siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Team Games Tournament (TGT) mampu meningkatkan partisipasi siswa, dengan tingkat keaktifan tertinggi pada kelas V (90% sangat aktif) dan terendah pada kelas VI (50% sangat aktif, 50% pasif). Penelitian ini membuktikan bahwa Team Games Tournament (TGT) efektif dalam mengatasi rendahnya keaktifan siswa akibat metode konvensional, sekaligus mendukung pembentukan karakter kolaboratif sesuai Kurikulum Merdeka. Kata Kunci: Team Games Tournament, Pembelajaran Kooperatif, Keaktifan SiswaDownloads
Published
2025-06-30
Issue
Section
Articles