PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGINTEGRASIAN AI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARYA ILMIAH
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi persepsi siswa terhadap pengintegrasian AI dalam meningkatkan keterampilanmenulis karya ilmiah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel dalam penelitian iniyaitu siswa XI F5 SMA Negeri 1 Mantup. Instumen yang digunakan dalam penngumpulan data yaitu kuesioner dan dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif. Temuan penelitian ini mengindikasikan bahwa 35 siswa kelas XI F5 memiliki persepsi positif dan termasuk dalam kategori baik dengan skor rata-rata sebesar 2,84. Jenis AI yang paling sering digunakan yaitu jenis Chatbot dengan alasan utama untuk mengembangkan dan memperbaiki struktur serta tata bahasa pada saat mengembangkan isi karya ilmiah. Frekuensi penggunaan AI didominasi oleh pilihan “kadang-kadang” yang berarti siswa hanya menggunakan AI pada aspek tertentu dalam penulisan karya ilmiah. Hasil penelitian yang mengindikasikan persepsi positif siswa terhadap pengintegrasian AI, menunjukkan bahwa penggunaan AI dapat mengefektifkan pengembangan keterampilan menulis siswa. Kata Kunci: AI, Keterampilan Menulis, Karya IlmiahDownloads
Published
2025-06-30
Issue
Section
Articles