MODEL QUANTUM TEACHING BERBASIS MASALAH TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS XI SMK

Authors

  • Fadila Ardinaning Putri Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Encil Puspitoningrum Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Marista Dwi Rahmayantis Universitas Nusantara PGRI Kediri

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana penerapan model pembelajaran quantum teaching dan berbasis masalah berdampak pada kemampuan siswa SMKN 3 Kediri dalam menulis puisi di kelas XI. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan ialah siswa kelas XI SMKN 3 Kediri. Proses analisis data dalam penelitian ini menggunaka SPSS statistik. hasil pembahasan pada artikel ini yaitu mendiskripsikan mengenai: (1) keterampilan menulis puisi tanpa menggunakan model pembelajaran quantum teaching berbasis masalah, (2) keterampilan menulis puisi dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching dan berbasis masalah, (3) pengaruh adanya model pembelajaran pembelajaran quantum teaching dan berbasis masalah terhadap keterampilan menulis puisi. Kesimpulan dari artikel ini yaitu bedasarkan hasil penelitian dari hasil perhitungan yang dilakukan dengan SPSS diperoleh nilai (untuk taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan gabungan = 68) Sehingga(hipotesis nol) ditolak dan (hipotesis alternatif) diterima. Dengan demikian maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa “terdapatperbedaan pengaruh yang signifikan. Kata Kunci: Model pembelajaran, menulis, puisi

Downloads

Published

2025-06-30