Media Animasi dalam Naskah Drama Siswa

Authors

  • Syahrul Ramadhan Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Sinta Rosalina Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Penelitian yang bertujuan mengetahui pengaruh media video animasi dalam keterampilan menulis sebuah naskah drama pada jenjang SMA kelas XI Latar belakang penelitian yaitu ini kesulitan peserta didik dalam menemukan ide dan mengembangkan tema dalam menulis diakibatkan oleh minimnya penggunaan media pembelajaran yang merangsang kreativitas. Penelitian ini diterapkan menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode eksperimen semu dengan rancanga nonequivalent control group. Subjek penelitian melibatkan dua kelas, yaitu XI D sebagai kelompok eksperimen (n=32) yang memperoleh perlakuan berupa media video animasi, dan XI C sebagai kelompok kontrol (n=32). Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest), yang kemudian dianalisis menggunakan uji statistik t-test serta perhitungan indeks N-Gain. Melalui Hasil Analisis menunjukkan bahwa keterampilan menulis kelas yang menggunakan media mengalami peningkatan signifikan setelah diberi perlakuan. Nilai rata-rata kelas yang menggunakan media meningkat dari 65,70 menjadi 84,89. Peningkatan ini didukung oleh skor N-Gain 0,5760, masuk dalam kategori sedang. Uji hipotesis menunjukkan signifikansi 0,000 <0,05, yang membuktikan bahwa hipotesis Ha diterima. Penggunaan media video animasi secara signifikan berpengaruh dalam meningkatkan menulis naskah drama peserta didik dan dapat menjadi solusi penggunaan media pembelajaraan. Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Naskah Drama, Video Animasi. 

Downloads

Published

2025-09-30