Media Pembelajaran Mentimeter Terhadap Kemampuan Menyimak Dongeng Siswa
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Mentimeter terhadap kemampuan menyimak dongeng pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kuningan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan one group pretest-posttest design. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Kuningan dengan menggunakan sampel kelas VII-c. Hasil penelitian ini adalah: 1) Hasil belajar siswa berupa kemampuan menyimak dongeng sebelum menggunakan media pembelajaran Mentimeter masih jauh dari nilai KKM; 2) Hasil belajar siswa pada kemampuan menyimak dongeng setelah menggunakan media pembelajaran mentimeter meningkat dari nilai rata-rata 43,94 menjadi 83,79; 3) Berdasarkan uji hipotesis, Sig. (2-tailed) 0,000 <; 0,05. Oleh karena itu Ha diterima dan H0 ditolak. Pengaruh media pembelajaran Mentimeter terhadap kemampuan menyimak dongeng terdapat perbedaan yang signifikan, antara hasil belajar menyimak dongeng siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran Mentimeter. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Mentimeter, Menyimak, DongengĀDownloads
Published
2025-09-30
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Wempi Apdiansyah, Leni Nuraeni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.