Penerapan Media Video Pembelajaran “Mahir Berpidato” Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berpidato Siswa
Abstract
Permasalahan yang diangkat pada artikel ini adalah kurangnya hasil belajar siswa dalam praktik berpidato, sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa, melalui media belajar berupa video pembelajaran. Penggunaan video pembelajaran yang berjudul “Mahir Berpidato” diharapkan dapat meningkatkan skor hasil belajar siswa, pada materi praktik berpidato. Penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan cara melakukan perencanaan pembelajaran di awal siklus, kemudian refleksi hasil pembelajaran yang dilakukan pada setiap akhir siklus untuk menentukan keberlanjutan atau tidaknya siklus. Penelitian dilakukan di SMAN 2 Blitar dengan sampel 40 siswa. Penelitian dilakukan pada tanggal 15 Maret-20 Mei 2022. Pengumpulan data dilaksanakan melalui pengamatan atau observasi terhadap proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan video pembelajaran “Mahir Berpidato” memberikan hasil belajar yang cukup memuaskan pada siklus pertama. Namun, nilai tertinggi yang didapatkan belum maksimal dan belum mencapai KKM. Untuk itu, diadakan siklus kedua untuk meningkatkan hasil belajar. Setelah dilanjutkan pada siklus kedua, hasil yang didapatkan cukup memuaskan sehingga dapat disimpulkan pada siklus, nilai materi berpidato siswa sudah mencapai KKM. Pada siklus kedua ini, keterampilan berpidato siswa sudah mengalami peningkatan, untuk itu tidak perlu melanjutkan penelitian ke siklus berikutnya. Kata Kunci: video mahir berpidato, keterampilan berpidato, media pembelajaran, SMADownloads
Published
2025-09-30
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Prajna Paramita Ayuni, Purwati Anggraini, Hidayah Budi Qur'ani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.